MENUMBUHKAN SIKAP BAHASA YANG POSITIF TERHADAP BAHASA INDONESIA BAGI MAHASISWA

Di dalam ruang lingkup kemahasiswaan dibutuhkan komunikasi yang baik dalam berinteraksi antar sesama dan dalam komunikasi tersebut digunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mahasiswa/mahasiswi dapat belajar sikap bertutur kata dalam bahasa yang baik dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kenyataan ini membuat adanya peningkatan dalam penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia dalam fungsinya sebagai alat komunikasi antar sesama

Didukunng dengan mata kuliah bahasa Indonesia di lingkungan perkuliahan membuat mahasiswa/mahasiswi semakin meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia. Mahasiswa/mahasiswi diajarkan untuk lebih mengerti dalam penulisan, penyusunan dan pengucapan dalam berbahasa yang baik dan benar. Pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan karena, mahasiswa/mahasiswi sebagai calon sarjana dipersipakan tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan melainkan juga sebagai produsen dalam bidang ilmiah.

Tujuan mata kuliah bahasa Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi memiliki tujuan :
1. Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia.
2. Menumbuhkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa.
3. Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.
Pada dasarnya mahasiswa telah memahami penggunaan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bagaimanapun bahasa memiliki peran penting dalam proses pembangunan karakter setiap mahasiswa.

PERTANYAAN
1. Apa yang dimaksud dengan ejaan??
2. Apa saja yang menjadi ruang lingkup ejaan?
3. Perlukah sebuah bahasa memiliki ejaan? Mengapa?
4. Apa Peranan ejaan bagi ragam tulisan?

JAWABAN
1. Ejaan adalah seperangkat aturan tentang cara menuliskan bahasa dengan menggunakan huruf, kata, dab tanda baca sebagai sarananya
2. Ruang Lingkup Ejaan :
a. Pemakaian huruf membicarakan masalah yang mendasar dari suatu bahasa yaitu Abjad, Vocal, Konsonan, Pemenggalan, Nama diri.
b. Penulisan Huruf membicarakan beberapa perubahan huruf dari ejaan sebelumnya yang meliputi : a. Huruf Kapital dan , b. Huruf Miring
c. Penulisan kata membicarakan bidang morfologi dengan segala bentuk dan jenisnya berupa :
1) kata dasar
2) kata turunan
3) kata ulang
4) gabungan kata
5) kata ganti kau, ku, mu, dan nya
6) kata depan di, ke , dan dari
7) kata sandang si dan sang
8) partikel
9) singkatan akronim
10) angka dan lambing
d. Penulisan unsure serapan membicarakan kaidah cara penulisan unsure serapan terutama kosa kata yang berasal dari bahasa asing
e. Pemakaian tanda baca (Pugtuasi) membicarakan teknik penerapan kelima belas tanda baca dalam penulisan tanda baca itu adalah :
1) tanda titik ( . )
2) tanda koma ( , )
3) tanda titik koma ( ; )
4) Tanda titik dua ( : )
5) Tanda hitung ( – )
6) Tanda pisah ( — )
7) Tanda ellipsis ( — )
8) Tanda Tanya ( ? )
9) Tanda seru ( ! )
10) Tanda kurung ( (…) )
11) Tanda kurung siku ( […] )
12) Tanda petik ganda ( “…..” )
13) Tanda petik tunggal ( ‘…..’ )
14) Tanda garis miring ( / )
15) Tanda penyingkat kata ( ‘ )

3. Perlu, Karena ketiadaan ejaan akan menyulitkan komunikasi dan memberikan peluang untuk kesalahpahaman, dan Karena ejaan merupakan kaidah yang harus di patuhi oleh pemakai bahasa demi keteraturan dan keseragaman bentuk, terutama dalam bahasa tulis. Keteraturan bentuk akan berimplikasi pada ketepatan dan ke jelasan makna

4. Peranan ejaan dalam ragam tulisan :
1. menggantikan beberapa unsure non bahasa yang diperlukan untuk memperjelas gagasan atau pesan.
2. Dalam penyajian sebuah konsep tulisan mempunyai peranan dalam menyusun struktur bahasa yang objektif, metodis, sistematis, dan universal. Peranan tersebut mencakup penggunaan ejaan dalam tulisan penerapannya harus sesuai dengan kaidah kaidah yang berlaku beberapa hal sederhana misalnya tentang kaidah penggunaan huruf kapital bahwa pada setiap awal kalimat harus diawali dengan huruf kapital, selain penggunaan huruf kapital tersebut masih banyak aturan penggunaan ejaan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: